Tips Menabung Untuk Karyawan

verona nabung feat

05 Mar Tips Menabung Untuk Karyawan

Anyeong Haseo…… Dulu sewaktu masih kecil, kita pasti pernah diajarkan oleh orang tua kita untuk menabung dari uang jajan dengan menggunakan celengan ayam dari tanah liat.

Namun sekarang ini, menabung pasti akan menjadi perihal yang sulit, apalagi ketika kita merasa bahwa pendapatan kita pas-pasan. Padahal seberapa besar pun penghasilan yang kita dapatkan, pasti tetap saja kita akan merasa tidak cukup karena semakin tinggi penghasilan seseorang, biasanya gaya hidupnya juga akan semakin tinggi.

Nah…kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara meyisihkan penghasilan kita agar bisa di tabung?? Berikut tipsnya :

  • Hal pertama dan utama yang harus kita pahami adalah menabung tidak harus selalu dimulai dengan jumlah nominal yang besar. Kamu bisa mulai menabung sebesar IDR 200.000 per bulan. Atau kalau kamu merasa bahwa itu terlalu besar, kamu bisa menabung sebesar IRD 100.000 saja per bulan. Tapi ingat, ke depannya kamu harus berusaha untuk meningkatkan tabungan kamu, misal per 6 bulan sekali.
  • Jangan merasa bahwa gaji kamu itu pas-pasan. Kalian semua pasti pernah berkata bahwa gaji saya sudah habis buat transfer ini itu, buat bayar cicilan ini itu dll. Bijaklah mengatur keuangan kamu dengan membuat penyisihan uang secara otomatis. Yang perlu kita lakukan adalah pergi ke bank dan buat instruksi untuk debit otomatis (auto debit) dari rekening penerima gaji ke rekening tabungan/investasi kamu. Untuk pemula tidak harus langsung dengan nominal yang besar, mulai saja dari 5% gaji kamu setiap bulannya. Tapi harus selalu di ingat, harus ada peningkatan jumlah secara periodik. Atau kalau kamu tidak mau membuat auto debit, kamu bisa membuat 2 rekening yang berbeda, 1 rekening untuk menerima gaji, dan 1 rekening lagi untuk tabungan kamu (di usahakan tidak dibuat ATMnya ya)
  • Tips berikutnya adalah jangan menunda-nunda waktu untuk menabung. Jangan tunggu besok lusa, minggu depan dll. Pada saat kamu menerima gaji, sebisa mungkin saat itu juga kamu harus sisihkan gaji kamu untuk di tabung. Karena apabila di tunda-tunda, percayalah bahwa rencana menabung kamu itu hanya tinggal rencana dan tidak akan pernah terealisasi. Usahakan agar menabung itu nomor satu, dan berikutnya adalah membayar kebutuhan-kebutuhan kamu.
  • Setelah uang tabungan kamu terkumpul cukup banyak, usahakanlah untuk menukar uang kamu dengan emas atau property (misal tanah,rumah dll). Karena harga emas biasanya stabil dan property biasanya meningkat.

Sekian tips dari saya, semoga bisa bermanfaat dan bisa menyadarkan kalian semua tentang pentingnya menabung.